Senin, 13 Juni 2016

Tips Agar Tubuh Terhindar Dari Dehidrasi Selama Puasa

Dehidarasi merupakan salah satu kondisi yang sering kali dialami oleh semua orang ketika berada di bawah terik matahari dan terutama ketika menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itulah bisa dibilang dehidrasi menjadi masalah yang sering kali dirasakan oleh mereka yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tak jarang juga karena dehidrasi membuat mereka membatalkan puasa. Memang tidak di pungkiri jika seseorang yang mengalami dehidrasi pasti akan merasakan lemas, pusing dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini dikarenakan tubuh manusia tersusun atas air, dimana lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Dalam keadaan normal, volume cairan yang hilang dari tubuh setiap hari  antara 1.000-4.500 ml. Entah itu melalui keringat, BAB, buang air kecil, dan insensible water loss (kehilangan cairan yang tidak terasa, misalnya sewaktu tidur). Karena sedang menjalankan puasa, Anda harus menunggu untuk bisa menggantikan cairan yang hilang sampai saatnya berbuka.

Kekurangan cairan saat berpuasa dapat menjadikan kondisi tubuh menjadi drop ketika pada saat berpusa. Rasa letih, lesu dan akan sering kali merasakan sakit kepala secara mendadak. Ditambah lagi dengan pekerjaan yang dijalani tidak kunjung selesai karena Anda kurang berkonsentrasi. Hal ini semua dikarenakan pengaturan tubuh Anda yang kurang tepat sehingga mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa. Namun Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini akan kami sajikan ulasan mengenai tips agar tubuh tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa. Lantas apa saja yang harus dilakukan? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Tips Agar Tubuh Terhindar dari Dehidrasi Selama Puasa yang Dapat Anda Lakukan

Pencegahan memang harus dilakukan sebelum tubuh mengalami kondisi yang tidak diinginkan tersebut. Sebagai cara untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda secara seimbang ketika saat bulan puasa, Anda dapat mengonsumsi makanan berikut ini, diantaranya sebagai berikut !

Blewah
Untuk buah yang satu ini mungkin Anda sudah tidak asing lagi bagi Anda karena buah ini sangat identik dengan buan puasa. Dimana buah blewah banyak digunakan sebagai campuran es buah dapat semakin menambah selera  saat berbuka puasa. Selain itu blewah yang dikonsumsi pada saat buka puasa maupun sahur ini ternyata sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh Anda. Selain itu kandungan  air yang terdapat dalam buah blewah dapat meningkatkan stamina dalam tubuh ketika berpuasa.  Perlu Anda ketahui kandungan air yang terdapat di dalam buah blewah mencapai 89%. maka oleh karena itulah buah blewah sangat baik untuk Anda konsumsi sebagai asupan cairan dalam tubuh Anda.

 Mangga
Selain buah blewah, mangga juga salah satu buah yang juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Dengan begitu mangga menjadi salah satu buah yang baik untuk Anda konsumsi setiap buka puasa dan sahur yang berguna untuk mencegah dehidrasi. Kandungan air yang terdapat di dalam buah mangga sebanyak 70%. Selain itu buah mangga juga memiliki kandungan yang pastinya sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh diantaranya mengandung vitamin, antioksidan dan masih banyak lagi lainnya. 

Air Kelapa
Tips yang terakhir adalah banyak meminum air kelapa muda. Air kelapa memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi dibandingkan dengan lainnya yaitu 95% . Dengan begitu sangat baik untuk membantu mencegah dehidrasi pada tubuh.
Baca juga
http://aduba.co/tanda-kurang-minum-air-putih-yang-sering-diabaikan.
http://aduba.co/daftar-senapan-serbu-tni-dari-produksi-rusia-as-hingga-pindad.
http://aduba.co/peralatan-outdoor-buatan-indonesia.
http://aduba.co/5-tips-membeli-laptop-berkualitas.
http://aduba.co/cara-cepat-menaikan-berat-badan-bayi.
http://dbagus.com/cara-mengeriting-rambut-tanpa-alat-catok.
http://disehat.com/penyebab-dan-cara-mengobati-vertigo-secara-alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar